9 Jenis Obat serta Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan

Larangan Obat dan Makanan Dikonsumsi Bersamaan – Saat badan kita sakit umumnya kita bakal selekasnya memeriksakan diri ke tempat tinggal sakit paling dekat.

Lalu dokter bakal selekasnya lakukan diagnosis untuk mengecek penyakit yang kamu alami. Kemudian dokter bakal memberi resep obat yang perlu kamu patuhi ketentuan minumnya.

Umumnya dokter bakal berikan saran agar kamu terlebih dulu isi perut kamu sebelumnya konsumsi resep obat yang sudah didapatkan dari dokter kamu. Yang tidak kalah utama yaitu kamu harus juga memerhatikan type makanan dan type obat yang kamu mengkonsumsi argumennya yaitu karna terdapat banyak type obat-obatan yg tidak diijinkan untuk dikonsumsi berbarengan dengan sebagian type makanan.

Jangan Sembarangan minumĀ Obat

Jenis Obat serta Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan
Jenis Obat serta Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan

 

Daftar Makanan yang Tak Boleh Dicampur Obat

Pastinya bila kamu memaksakan diri untuk konsumsi satu type obat dengan konsumsi makanan pantangannya dengan cara berbarengan jadi hal semacam ini dapat menyebabkan fatal untuk kesehatan kamu sendiri.

Di bawah ini yaitu Type Obat serta Makanan yang Tidak Bisa Dikonsumsi Berbarengan salah satunya :

  1. Bronchial spasmolytics (Bahan Kombinasi Yang Beresiko Untuk Kopi)

Umumnya dokter bakal memberi resep obat albuterol dan theophylline pada pasien penyakit asma, bronkhitis dan penyakit lain yang terkait dengan organ paru.

Ketika minum obat itu dianjurkan tidak untuk konsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan bahan cafein.

Obat albuterol dan theophylline bakal memberi stimulasi pada system syaraf oleh karena itu agar kamu tak alami rasa gugup serta kuatir yang terlalu berlebih jadi jauhi konsumsi cafein saat minum obat itu.

Diluar itu cafein juga dapat tingkatkan toksisitas hingga saat konsumsi theophylline kamu mesti betul-betul menjauhi makanan atau minuman yang memiliki kandungan cafein.

Dianjurkan juga tidak untuk konsumsi type makanan yang berlemak tinggi atau memiliki kandungan cholesterol karna dapat menyebabkan overdosis karna lemak dapat tingkatkan kecepatan dan presentase theophylline yang diserap oleh darah.

2. Obat-obatan hipertensi

Umumnya dokter bakal memberi resep obat untuk type penyakit hipertensi umpamanya seperti enalapril, captopril, serta ramipril di mana type obat ini dipakai untuk menangani permasalahan pada organ ginjal serta menghindar masalah jantung.

Kamu mesti siaga ketika konsumsi type obat hipertensi itu karna type obat itu tak diijinkan untuk dikonsumsi berbarengan dengan makanan yang tinggi bakal kandungan pottasium.

Kandungan potassium dalam darah bakal selekasnya bertambah saat kamu konsumsi type obat hipertensi di mana hal semacam ini dapat menyebabkan dyspnea serta arrythmia bila dikonsumsi berbarengan dengan makanan yang kaya potassium seperti kentang, pisang serta sayur bayam.

3. Obat antiaritmia (permen thumbnail)

Umumnya dokter bakal memberi resep obat digoxin untuk menghindar dan menangani tidak berhasil jantung.

Ketika minum obat itu tak dianjurkan untuk konsumsi licorice karna bila digoxin bercampur dengan kandungan asam glycyrrhizic jadi akhirnya dapat menyebabkan detak jantung alami masalah, bahkan juga dapat tingkatkan kemungkinan manfaat jantung menghilang dengan cara mendadak.

Type makanan yang memiliki kandungan licorice umumnya diketemukan pada cake, permen, dan beragam type makanan manis yang lain.

Mungkin saja dokter bakal berikan saran pada kamu untuk minum obat pada 2 jam sebelumnya atau sesudah kamu makan nasi, hal semacam ini karena type makanan yang memiliki serat seperti type padi-padian dapat turunkan kekuatan pengobatan obat.

4. Obat penurun cholesterol jahat

Sedang type obat-obatan yang dapat turunkan cholesterol jahat seperti fluvastatin, atorvastatin, simvastatin, lovastatin, pravastatin serta rosuvastatin tak dianjurkan untuk dikonsumsi berbarengan dengan buah-buahan grapefruit.

Type buah grapefruit dapat turunkan manfaat penyerapan obat dengan cepat di mana hal semacam ini dapat menyebabkan menyebabkan resikonya yang beresiko seperti kemungkinan overdosis.

Perbandingannya yaitu apabila kamu konsumsi satu gelas juice grapefruit berbarengan dengan 1 tablet obat penurun cholesterol jahat jadi sepadan dengan kamu konsumsi 20 butir tablet obat yang sama juga dengan air.

Hal yang sama saja dapat berlangsung bila konsumsi obat penurun cholesterol jahat berbarengan dengan type buah sitrus seperti buah jeruk serta pomelo.

5. Obat ingincer darah

Untuk menghindar atau menangani permasalahan kesehatan penggumpalan darah jadi umumnya dokter bakal memberi resep obat warfarin.

Sepanjang masa penyembuhan dengan memakai obat ini kamu dilarang untuk konsumsi makanan yang memiliki kandungan bawang putih, cranberry, dan makanan dengan bumbu rempah seperti kayu manis, cabe rawit serta kunyit.

Beragam rempah serta buah yang dijelaskan diatas berbentuk mengencerkan darah di mana bila dikonsumsi berbarengan dengan warfarin jadi dapat mengakibatkan pendarahan.

Di segi lain kekuatan obat itu juga dapat menyusut bila sewaktu yang berbarengan pada saat penyembuhan kamu konsumsi makanan yang tinggi bakal vitamin K seperti brokoli, kubis, bayam serta turnip.

6. Obat tiroid

Untuk pasien yang alami permasalahan tiroid umumnya dokter bakal memberi resep obat Levothyroxine.

Saat ada dalam saat penyembuhan yang memakai type obat ini dilarang untuk konsumsi beragam type makanan atau minuman yang terbuat berbahan kedelai seperti tahu, tempe serta susu kedelai.

Type makanan serta minuman olahan kedelai itu dapat turunkan kekuatan badan untuk menyerap obat.

Diluar itu makanan yang tinggi bakal serat seperti chestnut juga dapat menyebabkan dampak yang sama.

7. Antibiotik

Dokter bakal memberi resep obat antibiotik seperti penisilin, ciprofloxacin serta tetrasiklin untuk menangani infeksi bakteri.

Bila sewaktu yang berbarengan sepanjang masa penyembuhan kamu konsumsi minuman susu terlebih susu yang tinggi bakal kandungan kalsium jadi type obat itu bakal susah di keluarkan oleh badan lewat BAB, diluar itu daya efisiensi obat juga alami penurunan dengan cepat.

8. Obat pereda nyeri

Type obat pembasmi rasa nyeri atau painkiller seperti ibuprofen umumnya dikenal juga dengan nama lain seperti propinal, advil, genpril di mana beragam type obat ini tak bisa dikonsumsi berbarengan dengan type minuman yang manis serta minuman yang memiliki kandungan soda.

Minuman bersoda memiliki kandungan asam serta karbondioksida yang dapat tingkatkan konsentrasi darah serta tingkatkan daya serap obat hingga keadaan ini dapat mengakibatkan overdosis serta meningkatnya kemungkinan tingginya toksin pada badan yang dapat membahayakan organ ginjal.

9. Obat Antidepresan (ikan paket dalam kaleng)

Obat antidepresan seperti nialamide, phenelzine, serta tranylcypromine condong memiliki kandungan penghalang enzim monoamine oxidase yang bila bercampur dengan tyramine dapat tingkatkan kecepatan desakan darah.

Tyramine adalah asam amino yang terbentuk pada type makanan yang tinggi bakal protein yang disimpan kurun waktu yang lama seperti dendeng, keju lama, ikan atau daging, sosis kering dan ikan yang dikemas dalam kaleng.

Untuk menghindar beberapa hal yg tidak dikehendaki saat ada dalam saat penyembuhan sebaiknya kamu teratur berkonsultasi dengan dokter kamu.

Sekian adalah sedikit ulasan tentang jenis makanan dan daftar obat terbaru yang tidak boleh di makan bersamaan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa juga bagikan artikel penting ini keteman dan saudara kamu. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *